Murah Meriah, Begini Cara Membasmi Hama Tanaman Secara Alami!

Cara Membasmi Hama Tanaman Secara Alami

Cara Membasmi Hama Tanaman Secara AlamiHama merupakan musuh dari para petani. Kemunculannya dapat menggagalkan panen. Untuk itu, dibutuhkan pengendalian semenjak hama muncul. Salah satunya dengan mengaplikasikan cara membasmi hama tanaman secara alami.

Pembasmian hama secara alami ini dinilai lebih menguntungkan. Pasalnya, bahan alami lebih ramah bagi seseorang.

Berbeda jika menggunakan bahan kimia. Bahan tersebut akan tertinggal dan membekas pada tanaman. Ketika masuk ke dalam tubuh seseorang, ini bisa menimbulkan masalah bagi Kesehatan.

Beruntungnya, kamu bisa mencegahnya dari awal. Kamu dapat menuntaskan masalah hama sekaligus melindungi kesehatanmu.

Di sini, kamu butuh bahan alami yang bermanfaat untuk mengusir hama pada tanaman. Mari simak bahannya dan cara menggunakannya di bawah ini.

Tembakau

Cara membasmi hama tanaman secara alami ini menggunakan bahan dasar tembakau. Bahan ini pun cukup efektif untuk membasmi hama. Terutama hama yang berjenis serangga.

Diketahui jika tembakau ini bersifat meracuni hama. Ketika serangga menghirup atau pun memakannya, serangga bisa mengalami kematian.

Lantas, bagaimana cara menggunakannya? Kamu bisa mengambil beberapa daun tembakau. Iris-iris supaya lebih mudah untuk diproses.

Kalau tidak menjumpai daun tembakau langsung, kamu bisa mengambilnya dari puntung rokok. Ambil secukupnya. Kemudian, tempatkan ke dalam kaus kaki.

Baca juga : Jarak Tanaman Durian

Jika sudah, rendam dengan air sebanyak 1 liter selama satu malam. Paginya, air rendaman tembakau ini bisa kamu gunakan pada tanaman. Yakni, cukup semprotkan pada tanaman yang terserang serangga.

Bawang Putih

Bawang putih pun bisa menjadi insektisida alami yang cukup menjanjikan. Bahan ini pun mudah dijumpai. Bahkan, harganya pun sangat murah.

Bahan ini melengkapi cara membasmi hama tanaman secara alami. Ketika kamu semprotkan pada tanaman yang terserang hama, tanaman dapat kembali pulih. Bahkan, tanaman akan dijauhkan pada hama ke depannya.

Sebelum digunakan, kamu perlu membuat ramuannya terlebih dahulu. Caranya dengan mempersiapkan sekitar 2 umbi bawang putih utuh.

Blender hingga menjadi halus. Campur dengan air secukupnya. Kemudian, diamkan hingga satu malam utuh.

Pada pagi harinya, saring bahan tersebut ke dalam wadah. Tambahkan dengan 1 sendok teh sabun cair ringan serta air.

Ketika ingin digunakan, cukup ambil sekitar 1 cangkir ramuan bahan tersebut. Kemudian, tambahkan dengan 1 liter air. Tempatkan dalam botol penyemprot. Tinggal kamu gunakan untuk menyemprot tanaman yang terkena serangan hama.

Baca juga : Fungsi Kalium Bagi Tanaman

Lada

Bahan dapur lainnya yang berguna untuk mengusir hama pada tanaman adalah lada. Bahan ini pun lebih mudah diaplikasikan. Pasalnya, lada ini sudah tersedia dalam versi bubuk.

Kamu cukup menggunakan bubuk lada tersebut. Caranya cukup ambil sekitar 1 sendok makan dan tambahkan dengan 1 liter air.

Tambahkan pula beberapa tetes sabun cair. Kemudian, semprotkan pada tanaman yang diserang hama. Ketika menyemprotkannya, gunakan masker dan kacamata. Tujuannya supaya tidak membahayakan diri sendiri.

Kulit Jeruk

Alternatif untuk menyingkirkan hama tanaman adalah semprotan dari ekstrak kulit jeruk. Ini pun cukup efektif.

Kulit jeruk ini tidak hanya ampuh dalam menangani berbagai jenis serangga, tetapi juga kutu daun tanaman. Artinya, manfaatnya jauh lebih lengkap.

Untuk membuatnya pun sangat sederhana. Kamu hanya perlu mengumpulkan kulit jeruk. Setelah itu, parut atau haluskan.

Letakkan hasil parutan kulit jeruk ke dalam panci. Tambahkan air sekitar 1 liter dan didihkan. Setelah mendidih, angkat dan diamkan selama satu malam.

Paginya, saring menggunakan kain yang tipis. Air rebusan dari kulit jeruk tersebut bisa kamu maksimalkan. Misalnya menyemprotkannya pada tanaman yang sudah terinfeksi mau pun yang belum.

Kesimpulannya, menyingkirkan hama bisa dilakukan tanpa harus keluar biaya besar. Hanya dengan memanfaatkan bahan di sekitar, hama yang menyerang tanaman bisa dikendalikan. Jadi, sudah siap mengaplikasikan cara membasmi hama tanaman secara alami tersebut?

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *