Murah, Begini Cara Menghilangkan Semut Pada Tanaman!

Cara Menghilangkan Semut Pada Tanaman

Cara Menghilangkan Semut Pada TanamanSemut tidak mau pergi dari tanaman kesayangan? Kamu perlu coba cara menghilangkan semut pada tanaman ini.

Cara ini dapat kamu aplikasikan dengan mudah. Kamu cukup menggunakan bahan yang ada di rumah. Asalkan kamu memahami praktiknya, semut yang mengerubungi tanaman akan lari terbirit-birit.

Nah, apa saja bahan yang dapat dimaksimalkan untuk mengusir semut? Aku akan kasih tahu jenisnya dan cara mengaplikasikannya. Mari simak satu persatu bahan pengusir semut berikut ini.

Perasan Kulit Jeruk

Kulit jeruk bisa dibilang banyak sekali manfaatnya. Tidak hanya dimanfaatkan untuk tubuh, ternyata kulit ini pun berguna juga untuk menuntaskan semut.

Sebagai sarana pengusir semut, kulit jeruk terbilang cukup menjanjikan. Betapa tidak, kamu dapat menggunakannya dengan mudah.

Kamu cukup memisahkan kulit jeruk dari daging buahnya. Kemudian, kulit jeruk bisa dikumpulkan. Lantas, diperas hingga menghasilkan sari pati berupa air. Air perasan jeruk ini bisa langsung disemprotkan pada tanaman.

Jika semut yang ada pada tanaman cukup banyak, cara penanganannya pun berbeda. Dalam hal ini rebus kulit setengah lusin dalam air selama lima belas menit. Kemudian blender kulit dan air dalam food processor. Selanjutnya tuangkan campuran di sekitar tanaman.

Ramuan Rempah-Rempah

Cara menghilangkan semut pada tanaman yang kedua adalah dengan menggunakan rempah-rempah. Jenis rempah-rempah yang bisa Kamu gunakan adalah kayu manis, cengkeh, bubuk cabai, bubuk kopi, atau daun teh mint kering. 

Cara menggunakan rempah-rempah untuk mengusir semut dari tanaman pun sangat mudah. Kamu cukup menaburkan rempah-rempah tadi di sekitar pangkal tanaman. Semut pun akan lari dengan sendirinya. 

Sabun Cuci Piring

Cara menghilangkan semut pada tanaman selanjutnya yang bisa dipilih adalah dengan menggunakan sabun cuci piring. Hal ini dikarenakan sabun cuci piring mengandung bahan yang mampu membuat semut pergi dan enggan datang lagi ke tanaman yang Kamu pelihara.

Di samping itu, penggunaan sabun cuci piring untuk mengusir semut juga relatif aman untuk tanaman. Bahkan bisa dikatakan memiliki efek negatif yang sangat minim untuk tanaman itu sendiri.

Cara memanfaatkan sabun cuci piring untuk mengusir semut pada tanaman pun relatif sangat mudah. Langkahnya diawali dengan menuangkan satu sendok teh sabun cuci piring ke dalam 1L air hangat. Setelah itu, aduk merata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Setelah itu, masukan campuran tadi ke dalam botol spray. Kemudian semprotkan langsung ke tanaman. 

Dikarenakan semut sangat tidak suka dengan bau minyak peppermint, Kamu bisa memanfaatkan sabun cair yang mengandung minyak peppermint. Jika semut masih enggan pergi dari tanaman, Kamu bisa menambah jumlah sabun dalam campuran.

Kombinasi Madu dan Boraks

Cara menghilangkan semut pada tanaman yang terakhir adalah dengan menggunakan campuran madu dan boraks. Cara ini pun sudah terbukti efektif untuk mengusir dan mencegah semut datang kembali. 

Bagaimana cara membuatnya? Mulai dengan mengambil setengah sendok teh madu dan borak. Setelah itu aduk keduanya hingga merata. 

Lanjutkan dengan memasukkan kedua bahan tadi ke sebuah botol atau toples dalam kondisi terbuka. Kamu tinggal meletakkan ramuan tersebut di samping tanaman yang semutnya ingin Kamu usir.

Dengan mempraktikkan metode ini, maka semut akan terjebak ke dalam wadah tersebut lalu perlahan akan mati. 

Ternyata membuat obat pengusir semut sendiri sangatlah mudah. Semoga ulasan singkat mengenai cara menghilangkan semut pada tanaman ini bisa memberi manfaat untuk Kamu semua.

Rate this post

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.