Harus Paham, Inilah Jarak Tanaman Durian Agar Tumbuh Optimal!

Jarak Tanaman Durian

Jarak Tanaman DurianJarak tanaman durian menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan betul untuk Kamu yang ingin mengebunkan tanaman durian. Ini sudah harus Kamu ketahui sejak tahap perencanaan.

Hal ini dikarenakan akan berpengaruh terhadap perhitungan kebutuhan bibit. Selain itu juga prediksi hasil produksi buah nantinya. Kemudian jarak tanam yang baik akan berpengaruh juga terhadap hasil panennya.

Jarak Tanam untuk Budidaya Durian

Berbicara soal jarak tanaman durian, ada beberapa jarak tanam yang bisa Kamu pilih. Utamanya jika tujuannya untuk memaksimalkan hasil panennya. Berikut adalah jarak tanam durian yang bisa Kamu pilih.

Jarak Tanam Maksimal Durian

Jarak tanam maksimal durian ini bertujuan agar dari awal penanam sampai dengan pohon tua bahkan sampai mati sebab terlalu tua, tidak ada yang namanya penebangan maupun penjarangan pohon.

Nah, jarak tanam durian jika menggunakan metode ini adalah 25 meter x 25 meter. Memang jarak tanam ini bisa dikatakan sangat lebar. Apalagi jika tanaman durian masih berukuran kecil. Terlihat kurang efektif dalam hal pemanfaatan lahan.

Metode ini juga bisa Kamu gunakan sistem tumpang sari atau yang juga dikenal dengan istilah penanaman tanaman selingan. Tetapi untuk Kamu yang kurang cocok dengan jarak tanam maksimal ini, bisa menggunakan jarak tanaman durian ideal.

Baca juga : Fungsi Kalium Bagi Tanaman

Jarak Tanam Ideal Durian

Metode ini dimaksudkan agar pertumbuhan tanaman durian tetap bagus. Selain itu juga fungsi lahan lebih efektif. Sehingga pada akhirnya tingkat produksi buah lebih maksimal. Nah, untuk jarak tanam ideal durian yaitu 10 m x 10 meter.

Jika Kamu menggunakan metode ini, mungkin saat awal penanaman hingga tanaman berusia 4 tahun tampak banyak lahan yang tidak terfungsikan dengan baik. Nah, agar lahan tetap ada fungsinya, Kamu bisa menanam tanaman selingan atau yang sering juga disebut sistem tumpang sari. 

Sementara itu, untuk tanaman selingan sendiri Kamu bisa memilih jenis tanaman yang memiliki usia produktif tidak terlalu lama. Contohnya seperti jenis kacang-kacangan. Karena tanaman ini biasanya maksimal 3-4 bulan sudah panen. 

Selain kacang-kacangan, memilih jenis tanaman buah juga bisa dipilih. Contohnya seperti jambu biji, jeruk, sirsak atau lemon. Alasannya ketiga tanaman tadi sudah bisa dipanen dalam waktu kurang dari 1 tahun. 

Kemudian produktivitas pohonnya pun akan menurun di usia 4 tahun. Dengan demikian, saat pohon durian sudah mulai besar dan mulai berbuah Kamu bisa menebangnya.

Baca juga : Cara Menghilangkan Semut Pada Tanaman

Hal Penting Ketika Budidaya Durian

Ketika melakukan penanaman durian, ada pantangan yang harusnya kamu penuhi. Pantangannya adalah menanam tanaman selingan di dekatnya.

Ada beberapa jenis pohon yang sangat tidak baik jika dipilih sebagai tanaman selingan di kebun durian. Salah satunya adalah pohon pisang. Tentunya bukan tanpa alasan kenapa pohon ini dilarang. 

Alasannya pohon pisang jika dijadikan sebagai tanaman selingan bisa mengakibatkan tanaman utamanya (durian) rusak. Pertumbuhan pohon durian pun akan terhambat. Bahkan yang terburuk bisa sampai pada kematian.

Selain itu, ada hal penting yang perlu kamu garisbawahi. Pengaturan jarak pada tanaman durian ini hanya berlaku hingga pohon berusia 17 tahun.

Jika umurnya sudah lebih dari itu, pohon sudah siap diremajakan. Artinya, kamu perlu menebang pohon yang sudah tua dan menggantikannya dengan pohon durian yang baru.

Jadi seperti itulah beberapa pilihan soal jarak tanam durian yang bisa Kamu pilih. Semoga ulasan singkat tentang jarak tanaman durian ini bisa memberi tambahan informasi.

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *