3 Hal Penting Dalam Ujian Mandiri UI

3 Hal Penting Dalam Ujian Mandiri UI

Ujian mandiri UI di tahun 2022 ini juga akan dibuka untuk para mahasiswa baru. Jalur ini kembali dibuka di UI sama seperti tahun sebelumnya. Dengan adanya ujian mandiri ini diharapkan agar peluang bagi penerimaan mahasiswa baru di UI semakin terbuka lebar. HIngga banyak lulusan SMA yang bisa meraih bangku pendidikan di kampus ternama UI. Namun tentunya untuk mengadakan hal ini Anda haruslah mengikuti pelaksanaan ujian mandiri yang diselenggarakan oleh pihak UI sendiri. 

Jika Anda telah melwati proses ujian dan kemudian lulus barulah Anda bisa berlanjut ke tahap selanjutnya yaitu menyelesaikan aadministrasi mahasiswa baru. Bagi Anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai ujian mandiri di UI ini bisa menyimak dan mengikuti ulasan dan keterangan berikut. 

Jenis Jalur Ujian Mandiri UI

Jalur mandiri di Universitas Indonesia yang akan dibuka di tahun 2002 ini rupanya terdi dari beberaa macam jennis. Jalur yang dibuka dalam hal ini yang pertama adalah PPKB dan TS kemudian ada pula jalur SIMAK UI dan yang terakhir adalah Seleksi Jalur Prestasi. Untuk jalur PPKB dan TS umumnya terdiri dari dua bagian yaitu Pendidikan Vokasi D3 dan juga D4 atau sarjana terapan. Sedangkan untuk jalur SIMAK UI terdiri dari S1 Reguler dan S1 Paralel serta D3 dan juga D4. 

Ada pula S1 KKI yang juga menjadi bagian dari jalur SIMAK UI. Sedangkan ujian mandiri ini berupa Seleksi Jalur Prestasi terdiri dari S1 Reguler dan Prestasi Tingkat Nasional dan Internasional. Dengan banyaknya jalur yang bisa ditempuh secara mandiri di UI maka berarti semakin banyak kesempatan yang Anda miliki untuk bisa kuliah di Universitas Indonesia atau UI. Bisa dibilang pula bahwa besar peluang bagi Anda sekalian untuk bisa mengenyam pendidikan di bangku kuliah tepatnya di kampus UI. 

Baca Juga: Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak

Kuota Jalur Mandiri UI

Hampir sama dengan tahun sebelumnya rupanya kuota untuk jalur mandiri dihadirkan dengan jumlah kuota yang sama. Berkuliah di Universitas Indonesia dengan menjalani proses ujian mandiri rupanya diberi kesempatan yang cukup luas oleh pihak UI. Tak tanggung-tanggung rupanya jalur kuota untuk ujian mandiri yang diselenggarakan Universitas Indonesia memiliki kuota sebanyak 50% dari total daya tampung. 

Dari kesemuanya ini diketahui bahwa sebanyak 60% merupakan kuota untuk jalur SIMAK UI kemudian sebanyak 40% merupakan kuota untuk jalur PPKB atau TS. Kuota ini rupanya diperkirakan masih bisa bertambah namun hal ini tentunya baru bisa dilakukan jika kondisi memungkinkan. Misalnya jika ada penambahan kelas baru di UI. 

Jadwal Seleksi Ujian Mandiri UI

Untuk mengikuti ujian mandiri yang di adakan di Universitas Indonesia maka Anda harus tahu seluruh jadwalnya. Pendaftaran diadakan sejak 7 Februari – 8 Maret 2022 dan pengumumannya tanggal 1 April 2022. Sedangkan pendaftaran untuk SIMAK UI mulai Mei hingga Juni 2022. Maka segera persiapkan diri Anda untuk mendaftar. 

Ujian mandiri UI dengan segala hal yang berkaitan dengannya seperti di atas tentunya bisa menjadi info tersendiri untuk Anda sekalian. Dengan adanya info ini maka diharapkan agar Anda khususnya yang ingin kuliah di UI bisa ikut jalur ujian mandiri. Untuk itu seluruh keterangan yang telah diulas di atas sebaiknya menjadi perhatian bagi Anda hingga seluruh jadwalnya tidak sampai terlewatkan. Perispan untuk mengikuti ujian mandiri juga sebaiknya dilakukan dengan sebaik-baiknya sehingga And abisa mengikuti ujian mandiri ini dengan lancar dan tanpa kendala. 

5/5 - (1 vote)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.